Cerita Rakyat Sumut - Asal Mula Danau Toba

Posted by Ade Yogi Pamungkas on 20.49.00

Halo sahabat Blog Cerita Rakyat Indonesia, 
Di serial Cerita Rakyat kali ini, Tim Cerita Rakyat Indonesia akan membawakan cerita yang berjudul " Cerita Legenda Asal Mula Danau Toba " yang berasal dari daerah Sumatera Utara (Sumut).

Cerita Legenda Danau Toba


Cerita Legenda Asal Mula Danau Toba
Cerita Legenda Asal Mulau Danau Toba
Dahulu kala, Danau Toba adalah sebuah padang yang sangat gersang dan tandus. Tidak ada satu tumbuhan pun yang bisa bertahan hidup. Di daerah itu, tinggalah seoarang pemuda yatim piatu yang sangat miskin. Ia hidup sebatang kara di gubuknya yang kecil. Demi menghidupi dirinya, ia harus berjalan jauh untuk memancing di sungai. 

Suatu ketika, ia berhasil mengail seekor ikan keemasan yang sangat besar. Air liur pemuda tersebut menetes saat melihat ikan gemuk tersebut. Nanti malam ia pasti bisa makan kenyang, pikirnya. Namun, alangkah terkejutnya sang pemuda saat ikan tersebut malah meneteskan air mata dan menangis memohon untuk tidak membunuhnya. Ikan itu terus menangis hingga pemuda itu tidak tega dan melepaskannya kembali ke sungai. Pemuda itu pun kembali ke rumah dengan tangan hampa. 

Esok paginya, ketika pemuda itu terbangun, ia terkejut melihat seorang gadis cantik yang sedang menata makanan dirumahnya. Gadis itu tersenyum ketika menyadari kehadiran sang pemuda. Ia memperkenalkan dirinya sebagai ikan yang ia tangkap kemarin. Ternyata gadis itu adalah putri Dewa Sungai. Sebagai balasan atas kebaikan pemuda tersebut, ia akan membuatkan makanan enak untuk pemuda itu setiap hari. Tentu pemuda itu sangat senang. Kini, ia bisa makan enak setiap hari. 

Suatu ketika, pemuda tersebut memutuskan untuk melamar gadis ikan. Tidak disangka, gadis ikan itu menerima lamarannya. Namun dengan syarat, jika kelak memiliki seorang anak, anak itu tidak boleh tahu kalau ibunya sebenarnya adalah seekor ikan. Pemuda itu pun menyanggupi dan mereka menikah. Walau hidup sederhana, mereka sangat bahagia. Kebahagian bertambah setelah kelahiran putra mereka. Anak laki-laki ini sangat mirip ayahnya. Namun, ia sangat suka makan dan selalu merasa lapar. Sejak ia lahir, tidak pernah ada makanan yang tersisa di rumahnya. 

Suatu hari, ketika ayahnya sedang memancing, sang ibu menyuruh anak tersebut untuk mengantarkan bekal kepada ayahnya. Di tengah perjalanan, sang anak malah mengintip bekal tersebut. "telur ikan, sambal dan nasi panas...hmmm...lezat..." pikir anak tersebut. Tanpa berpikir panjang, ia langsung memakan habis bekal tersebut dan mengantar rantang yang telah kosong tadi ke hadapan ayahnya. Melihat rantangnya kosong, sang ayah sangat marah. Ia membanting rantang tersebut dan tanpa sengaja mencaci anaknya dengan sebutan 'anak ikan'. Anak itu pun sedih. Ia segera berlari pulang dan mengadu kepada ibunya. Sang ibu mendengar cerita anaknya, setelah kata-kata cacian 'anak ikan' itu keluar dari mulut sang ayah sang ibu tahu bahwa ia akan kembali jadi ikan. Perlahan - lahan sisik keemasan mulai menutupi tubuhnya, begitu pula yang terjadi pada anaknya. Dan mereka pun berdua kembali menjadi ikan. 

Saat sang ayah kembali, ia terkejut melihat perubahan istri dan anaknya. Ia langsung memohon ampun dan meminta mereka kembali menjelma seperti semula. Semua sudah terlambat. Sepasang suami istri ini berpelukan untuk yang terakhir kalinya, tetesan air mata sang suami berubah menjadi mata air yang mengalir sangat deras. Tidak berapa lama, tanah tempat mereka tinggal telah berubah menjadi sebuah danau berwarna kebiruan. Istri dan anaknya yang telah menjelma menjadi ikan, hilang secara gaib di danau yang dikenal dengan nama Danau Toba . Sementara itu, sang ayah yang terus manangisi keluarganya menjelma menjadi sebuah pulau di tengah danau yang dikenal dengan nama Pulau Samosir.


  • Danau Toba sebenarnya adalah sebuah Danau Vulkanik yang diperkirakan terbentuk sekitar 73.000-75.000 tahun yang lalu, dari sebuah letusan supervulcano (gunung berapi super). Danau Toba merupakan salah satu danau terbesar di dunia dengan panjang 100 km dan lebar 30 km. 
  • Di tengah Danau Toba terdapat sebuah pulau vulkanik yang bernama Pulau Samosir. Di Pulau ini tinggal masyarakat suku Toba. 
  • Cerita Rakyat lain dari Sumatera Utara : 
    1. Kisah Piso Gaja Dompak Raja Batak. 
    2. Asal Mula Danau Si Losung dan Si Pinggan.
    3. Asal Mula  Pulau Si Kantan. 
    4. Kelana Sakti
    5. Batu Gantung ( Legenda Kota Prapat ) 
    6. Legenda Lau Kawar.  
Demikian cerita rakyat Sumatera Utara yang berjudul  " Cerita Legenda Asal Mula Danau Toba " semoga kita bisa mendapat pelajaran penting dari cerita diatas untuk kita bagikan kepada anak dan cucu kita.

Ade Yogi Pamungkas
New Johny WussUpdated: 20.49.00

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, jika ada yang perlu ditanyakan silahkan tinggalkan komentar di bawah ini

Recent Posts Widget

Artikel Favorit Minggu Ini

CB