Kisah Nabi Daud As

Posted by Ade Yogi Pamungkas on 21.48.00

Halo sahabat Blog Cerita Rakyat Indonesia. 
Di serial Kisah para Nabi dan Rasul kali ini, Tim CRI akan membawakan cerita yang berjudul " Kisah Nabi Daud As ". Kisah sejarah singkat dari Nabi Daud As.

Kisah Nabi Daud As



Kisah Nabi Daud As
Kisah Nabi Daud As
Sesudah Nabi Harun dan Nabi Musa wafat, kaum bani israil di pimpin oleh Yusra bin Nun. Pada masa kepemimpinan Yusra bin Nun itu mereka dapat menguasai tanah Palestina dan bertempat tinggal di istana. Kemudian tanah Palestina diserbu dan dikuasai bangsa lain. Mereka merindukan datangnya seorang pemimpin yang tegas dan gagah berani untuk berperang melawan penjajah. Do'a mereka dibakulkan dan Thalut diangkat menjadi Raja yang memimpin mereka. Thalut mengajak orang-orang yang tidak memiliki ikatan rumah tangga dan perdagangan ke medan perang.  

Maka dengan kekuatan do'a itu mereka menyerbu tentara Jalut. Tak disangka dan diduga Daud yang masih remaja itu berhasil melayangkan peluru batu ketapelnya tepat diantara kedua mata Jalut. Jalut si raksasa itu berteriak keras, roboh dengan dahi pecah dan mati. 

Dengan demikian menanglah pasukan Thalut melawan Jalut. Daud diangkat sebagai menantu Raja Thalut, dijodohkan dengan anak Thalut yang bernama Mikyal. Disamping menjadi menantu Raja, Nabi Daud juga diangkat menjadi penasehatnya. Ia dihormati semua orang. Bahkan rakyatnya seolah lebih berharga Nabi Daud daripada Thalut. Hal ini membuat Thalut iri hati. Ia berusaha mencelakakan Nabi Daud As ke medan perang yang sulit. Namun justru Nabi Daud memenangkan pertempuran itu dan kembali ke istana dengan disambut luapan kegembiraan rakyatnya. 

Setelah Thalut mati dan putra mahkotanya juga mati dalam pertempuran melawan rakyat yang berpihak kepada Nabi Daud maka Nabi Daud diangkatlah menjadi Raja. 

Nabi Daud As diistimewakan oleh Allah SWT, yaitu dengan ditundukannya gunung-gunung supaya bertasbih dan memuji nama Allah bersama Nabi Daud pada pagi, siang dan malam. Kemudian juga Nabi Daud dapat melunakkan besi seperti lilin dan dapat dirubah sekehendaknya tanpa memakai api atau alat apapun. Dari besi itu Nabi Daud As dapat membuat baju besi untuk berperang. 

Nabi Daud As juga dikaruniai suara yang sangat merdu. Sedangkan Kitab yang diturunkan Allah kepada Nabi Daud As adalah Kitab Zabur yang berisi pelajaran, peringatan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. 

Pada suatu hari di lingkungan kerajaan wilayah Nabi Daud As, masyarakat yang yang terjangkit penyakit kolera. Banyak yang mati karena penyakit itu. Nabi Daud kemudian berdoa kepada Allah SWT untuk dihilangkan penyakit itu. Maka dengan ijin Allah SWT hilanglah penyakit itu di wilayah kerajaan Nabi Daud. 

Untuk menunjukan rasa syukurnya kepada Allah SWT maka Nabi Daud  mengajak putranya yaitu Nabi Sulaiman As untuk membangun tempat suci yaitu Baitul Maqdis yang sekarang di kenal sebagai kota suci Yerusalem.  

Kisah Nabi dan Rasul yang lainnya :


Sumber : Buku Kisah-kisah 25 Nabi Nabi dan Rasul penulis Ali Nurfadhilah penerbit: PUSTAKA SANDRO JAYA Jakarta.

  
Mohon maaf jika ada kekeliruan penulisan, jika salah mohon diluruskan dan datangnya dari saya jika benar itu datangnya dari Allah SWT.

Demikian serial Kisah Para Nabi yang berjudul  "  Kisah Nabi Daud As " semoga dari kisah diatas bisa menjadikan kita lebih tahu dan cinta kepada Para Nabi dan Rasul Allah SWT amieen.


Ade Yogi Pamungkas
New Johny WussUpdated: 21.48.00

2 komentar:

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, jika ada yang perlu ditanyakan silahkan tinggalkan komentar di bawah ini

Recent Posts Widget

Artikel Favorit Minggu Ini

CB