Cerita Rakyat Maluku - Si Rusa & Si Kulomang

Posted by Ade Yogi Pamungkas on 15.33.00

Haloo sahabat Blog Cerita Rakyat Indonesia, 
Di serial Cerita Rakyat kali ini, Tim CRI akan membawakan cerita yang berjudul " Cerita Dongeng Si Rusa Dan Si Kulomang ".

Cerita Dongeng Si Rusa Dan Si Kulomang 


Cerita Rakyat Maluku
Cerita Dongeng Si Rusa dan Si Kulomang
Pada zaman dahulu hiduplah sekelompok rusa di hutan rimba Kepulauan Aru. Siapapun tahu bahwa kemampuan rusa berlari sungguh sangat cepat luar biasa. Selain merumpu, mereka juga sering mengajak adu lari kawanan binatang lainnya. Apabila unggul, rusa itu akan mengambil tempat tinggal yang kalah. 

Sementara tak jauh dari hutan itu, terdapat pantai yang sangat indah. Di sana hiduplah siput laut yang bernama Kulomang. Di kalangan hewan, Siput laut dikenal sebagai binatang yang cerdik dan setia kawan. Diceritakan bahwa pada suatu hari, Rusa mendatangi Kulomang. ia hendak menantang siput laut adu lari hingga sampai di tanjung kesebelas. Pantai tempat tinggal sang siput laut sebagai taruhannya. 

Dalam hatinya Rusa sudah merasa menang sebelum bertanding. Kulomang dihadapkan pada dua persoalan sekaligus. Jalannya sangat lambat dan ada cangkang di atas tubuhnya.

Pada hari yang ditentukan. Si Rusa mengajak teman-temannya untuk menyaksikan kehebatan larinya, sedangkan Kulomang membawa serta sepuluh teman-temannya. Mereka termasuk bagian dari rencana Si Kulomang. Sepuluh ekor siput dalam rentang jarak tertentu bersiap di tempatnya dari tanjung kedua hingga tanjung kesebelas. Si Kulomang, tentu saja, berada di tempat mulainya pertandingan. Diperintahkannya agar mereka menjawab setaip pertanyaan si Rusa dengan ucapan, " Aku persis di depanmu." 

Begitu pertandingan dimulai, Si Rusa langsung melesat dan tanpa kesulitan mendahului si Kulomang. Setelah beberapa lama ia tiba di tanjung kedua. Napasnya terengah-engah. Dalam hatinya ia yakin bahwa si Kulomang tertinggal sangat jauh. Ia berteriak -teriak bersuka ria. 

"Kulomang, sekarang kau ada dimana?" 
Temannya si Kulomang  pun menjawab, "Aku persis di depanmu." 

Betapa terkejutnya si Rusa. Maksud hati hendak beristirahat sejenak, apa daya, ia harus berlari lagi. Hal yang sama terus berulang sampai tanjung kesepuluh. Ketika memasuki tanjung kesebelas, si Rusa sudah kehabisan napas. Ia terjatuh dan mati. Si Kulomang bukan saja mengalahkan si Rusa, tetapi juga memperdayai si Rusa yang sombong itu dengan kecerdikannya. 

Sumber : Kumpulan Cerita Rakyat Nusantara Karya Yustitia Angelia penerbit Lintas Media

Cerita lain yang berasal dari maluku : 
1. Cerita Rakyat Halmahera - Legenda Asal Mula Telaga Biru

Demikian cerita rakyat Maluku yang berjudul  Cerita Dongeng Si Rusa Dan Si Kulomang " semoga kita bisa mendapat pelajaran penting dari cerita diatas untuk kita bagikan kepada anak dan cucu kita.



Ade Yogi Pamungkas
New Johny WussUpdated: 15.33.00

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, jika ada yang perlu ditanyakan silahkan tinggalkan komentar di bawah ini

Recent Posts Widget

Artikel Favorit Minggu Ini

CB