Cerita Legenda Kanjeng Ratu Nyai Roro Kidul

Posted by Ade Yogi Pamungkas on 19.51.00

Haloo sahabat Blog Cerita Rakyat Indonesia, 
Di serial Cerita Rakyat kali ini, Tim CRI akan membawakan cerita yang berjudul " Kanjeng Ratu Nyai Roro Kidul  ". Cerita Rakyat ini berasal dari daerah Banten.


Cerita Legenda Ratu Nyai Roro Kidul
Cerita Legenda Ratu Nyai Roro Kidul
Banyak versi cerita tentang Nyai Roro Kidul. Salah satunya adalah versi Banten ini. Konon Nyai Roro Kidul adalah putri Prabu Siliwangi dari kerajaan Pakuan Pajajaran. Ibunya adalah permaisuri terkasih Prabu Siliwangi. Sayng ibunya meninggal dunia pada saat Nyai Roro Kidul masih kecil. Nyai Roro Kidul asalnya bernama Putri Kandita, wajahnya sangat cantik melebihi kecantikan ibunya. Oleh karena itu, tidak heran Kandita pun menjadi putri kesayangan ayahnya. 

Sikap Prabu Siliwangi ini telah menumbuhkan kecemburuan diantara selir dan putra-putri raja lainnya. Akhirnya, mereka bersekongkol untuk menyingkirkan Putri Kandita dari lingkungan Istana Pakuan Pajajaran. 

Rencana jahat selir dan putra-putri raja pun terlaksana. Singkat cerita, Putri Kanditaterserang penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Kulitnya melepuh dan disana-sini banyak boroknya. Semula Putri Kandita dikucilkan, lalu diusir dari Istana. 

Putri Kandita pergi berkelana menuju arah selatan wilayah kerajaan. Dalam pengembaraannya, Putri Kandita sampai di sebuah aliran sungai. Tanpa ragu, Putri Kandita menghirup air sungai sepuas hatinya. Setelah menghirupnya, ia merasakan tubuhnya segar. Kemudian ia menyusuri aliran sungai itu ke arah hulu. Akhirnya, ia menemukan beberapa mata air yang menyembur sangat deras. Lantas ia berendam di dalam sungai. Kehangatan air sungai mampu membuat Putri Kandita betah berlama-lama berendam. Dalam kesendiriannya, ia menetap di dekat sumber mata air panas dan bersemedi dan melatih olah kanuragan. Setelah sekian lama tinggal dan mandi di sungai, tanpa disadari secara berangsur-angsur penyakitnya pun hilang. 

Sekarang kulit dan wajahnya menjadi halus lagi. Kecantikannya pulih seperti sedia kala. Bukan main senang hatinya. 

Setelah sembuh Putri Kandita melakukan perjalanan ke arah hilir sungai. Putri Kandita terpesona saat tiba di muara sungai yang dekat dengan laut. Kemudian, ia memutuskan untuk bermukim di wilayah tepi laut sebelah selatan wilayah Pakuan Pajajaran. 

Selama menetap disana, Putri Kandita dikenal luas oleh masyarakat sekitar. Ia adalah seorang wanita cantik yang memiliki kesaktian tinggi. Bahkan namanya terdengar hingga ke telinga para pangeran di kerajaan sekitar. Sejak saat itu, banyak pengeran muda yang ingin mempersuntingnya. Menghadapi para pelamar, Putri Kandita mengajukan persyaratan, yaitu kepada setiap orang yang ingin mempersuntingnya harus sanggup mengalahkan kesaktiannya, termasuk bertempur dengan gelombang laut di pantai selatan pulau Jawa. Sebaliknya, kalau mereka kalah, harus tunduk jadi pengiringnya. Pertempuran itu sering dilakukan di kawasan sebuah teluk yang ada di pantai selatan. Putri Kandita bisa menguasai gelombang laut selatan, sehingga ia mendapat gelar Kanjeng Ratu Nyai Roro Kidul yang artinya Ratu Penguasa Pantai Selatan.

Sumber : Kumpulan Cerita Rakyat Nusantara Karya Yustitia Angelia penerbit Lintas Media

Ade Yogi Pamungkas
New Johny WussUpdated: 19.51.00

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, jika ada yang perlu ditanyakan silahkan tinggalkan komentar di bawah ini

Recent Posts Widget

Artikel Favorit Minggu Ini

CB