Kisah Para Nabi - Kisah Nabi Yahya AS

Posted by Ade Yogi Pamungkas on 14.41.00

Halo sahabat Blog Cerita Rakyat Indonesia, 


Di serial Kisah para Nabi dan Rasul kali ini, Tim CRI akan membawakan cerita yang berjudul " Kisah Nabi Yahya AS ". Kisah sejarah singkat dari Nabi Yahya AS.

Kisah Nabi Yahya AS 


Kisah Nabi Yahya AS
Kisah Nabi Yahya AS
Nabi Yahya AS adalah anak dari Nabi Zakaria AS yang keduanya dijadikan oleh Allah SWT sebagai Nabi dan Rasul. Sejak kecil Yahya termasuk orang yang taqwa dan mereka mulai berdakwah pada usia sebelum Nabi Yahya AS 30 tahun.

Beliau mengajak umatnya bertobat dari segala dosa yang dilakukan. Nabi yahya dijauhkan dari segala macam kemusyrikan dan kemaksiatan. Beliau dikenal sebagai Nabi yang gigih memperjuangkan Agama Allah SWT.

Pada suatu hari Nabi Yahya AS mendengar bahwa Raja Herodus yang menguasai Palestina hendak mengawini anak tirinya yang cantik. Dalam syariat atau undang-undang kitab Taurat dan Zabur, mengawini atau menikahi anak tiri dilarang dan haram hukumnya.

Raja Herodus yang tergila-gila pada anak tirinya itu tidak peduli. Ia bersikeras hendak mengawini atau menikahi anak tirinya. Tak seorang pun yang berani menentang kehendak Raja Herodus. Namun Nabi Yahya segera tampil menghadap Raja Herodus dan menyatakan keberatannya, bahwa niat Raja Herodus menikahi anak tirinya itu melanggar agama dan amat dikutuk oleh Allah SWT.

Raja tak mau lagi berdebat dan banyak aturan agama yang menghalanginya. Keesokan harinya Raja memerintahkan prajuritnya untuk menangkap Nabi Yahya AS dan membunuhnya. Nabi Yahya AS akhirnya di tanggkap dan dimasukannya kedalam penjara. Dan Nabi Yahya As dibunuh didalam penjara. 

Didalam Alqur'an Nabi Yahya AS tidak banyak diceritakan, hanya dijelaskan bahwa beliau dikarunia hikmah dan ilmu semasa kecil.  Dikalangan Bani israil beliau dikenal sebagai ahli agama dan hafal Taurat. Beliau hormat kepada orang tuanya, dan tidak sombong apalagi durhaka. Beliau pintar dan tajam pemikirannya. Dan beribadah siang dan malam.

Kisah Nabi dan Rasul yang lainnya :


Sumber : Buku Kisah-kisah 25 Nabi Nabi dan Rasul penulis Ali Nurfadhilah penerbit: PUSTAKA SANDRO JAYA Jakarta.

Mohon maaf jika ada kekeliruan penulisan, jika salah mohon diluruskan dan datangnya dari saya jika benar itu datangnya dari Allah SWT.

Demikian serial Kisah Para Nabi yang berjudul  " Kisah Nabi Yahya AS " semoga dari kisah diatas bisa menjadikan kita lebih tahu dan cinta kepada para Nabi dan Rasul Allah SWT Amieen.

 

Ade Yogi Pamungkas
New Johny WussUpdated: 14.41.00

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, jika ada yang perlu ditanyakan silahkan tinggalkan komentar di bawah ini

Recent Posts Widget

Artikel Favorit Minggu Ini

CB