Kisah Para Nabi - Kisah Nabi Yakub As

Posted by Ade Yogi Pamungkas on 17.52.00

Halo sahabat Blog Cerita Rakyat Indonesia, 

Di serial Kisah para Nabi dan Rasul kali ini, Tim CRI akan membawakan cerita yang berjudul " Kisah Nabi Yakub As ". Kisah sejarah singkat dari Nabi Yakub As.

Kisah Nabi Yakub As


Kisah Nabi Yakub as
Kisah Nabi Yakub As
Pada saat usia lanjut, Nabi Ishak As tak dapat melihat atau beliau mengalami kebutaan dikedua matanya. Nabi Ishak As sering dilayani putranya yang bernama Ish. Pada suatu hari ibunya menyuruh Nabi Yakub As agar menyiapkan hidangan untuk ayahnya sebelum dilakukan oleh Ish. Setelah itu ayahnya mendo'akan Yakub: Mudah-mudahan, engkau menurunkan Nabi - nabi dan Raja yang melindungi agama Allah." 

Do'a Nabi adalah do'a yang mustajab. Ish yang mengetahui bahwa adiknya telah mendapat do'a yang baik dari ayahnya menjadi iri. Ish jadi dendam kepada Nabi Yakub As karena telah dianggap lancang mendahului menyiapkan hidangan kepada ayahnya.

Ish bahkan mengancam akan membunuh Yakub, agar keturunannya tidak menjadi Nabi dan Raja. Untuk menghindari usaha pembunuhan itu Nabi Ishak As menyuruh Nabi Yakub untuk pergi ke negeri Faddan Araan di Irak. Di sana ada pamannya yang bernama Laban bin Batwih. Nabi Yakub menuruti anjuran ayahnya. Ia tidak berani berjalan di siang hari, takut akan ditemukan dan disiksa oleh Ish kakanya.

Nabi Yakub As berjalan di malam hari, sedang siang harinya beliau beristirahat. Oleh sebab itu anak-anak keturunan Yakub disebut Israel artinya: Berjalan malam. Akhirnya Nabi Yakub As sampai di irak dengan selamat dan bisa bertemu dengan pamannya. Pamannya berkata: " Yakub, kau boleh tinggal disini, kau akan kukawinkan dengan anakku, tetapi syaratnya kau harus menggembalakan ternakku selama tujuh tahun. Itulah maharnya."

Yakub setuju, sesudah tujuh tahun bekerja, ia dikawinkan dengan putri pamannya yang bernama Layya. Kemudian bekerja lagi selama tujuh tahun, dan Yakub dikawinkan dengan Rahil adik Layya. Dari istri-istrinya itu beliau dikaruniai 12 orang anak.

Dari kedua belas anaknya ada juga yang menjadi Nabi dan Rasul yaitu Nabi Yusuf As hasil perkawinannya dengan Rahil.

Kisah Nabi dan Rasul yang lainnya :


Sumber : Buku Kisah-kisah 25 Nabi Nabi dan Rasul penulis Ali Nurfadhilah penerbit: PUSTAKA SANDRO JAYA Jakarta.

  
Mohon maaf jika ada kekeliruan penulisan, jika salah mohon diluruskan dan datangnya dari saya jika benar itu datangnya dari Allah SWT.

Demikian serial Kisah Para Nabi yang berjudul  Kisah Nabi Yakub As " semoga dari kisah diatas bisa menjadikan kita lebih tahu dan cinta kepada Para Nabi dan Rasul Allah SWT amieen.


Ade Yogi Pamungkas
New Johny WussUpdated: 17.52.00

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, jika ada yang perlu ditanyakan silahkan tinggalkan komentar di bawah ini

Recent Posts Widget

Artikel Favorit Minggu Ini

CB