Kisah Para Nabi - Kisah Nabi Ishaq As

Posted by Ade Yogi Pamungkas on 11.04.00

Halo sahabat Blog Cerita Rakyat Indonesia, 

Di serial Kisah para Nabi dan Rasul kali ini, Tim CRI akan membawakan cerita yang berjudul " Kisah Nabi Ishaq As ". Kisah sejarah singkat dari Nabi Ishaq As.

Kisah Nabi Ishak As 


Kisah Nabi Ishaq As
Kisah Nabi Ishaq As
Nabi Ishaq As adalah putra Nabi Ibrahim bersama Sarah. Ishaq artinya tertawa. Diberi nama begitu karena ibunya tertawa waktu mendengar kabar dari malaikat Jibril bahwa ia akan mengandung dan melahirkan anak. Padahal umur Sarah waktu itu sudah 99 tahun, dan Nabi Ibrahim As 120 tahun. 

Kenabian Ishaq ini tersebut di dalam Al-Qur'an: "Dan kami beri dia kabar gembira dengan kelahiran ishaq, seorang Nabi yang termasuk orang-orang shaleh kami limpahkan keberkatan atasnya dan atas ishaq." 

Nabi Ishaq As mengajak kaumnya untuk beribadah dan hanya menyembah Allah SWT tanpa mempersekutukanNya. Ia juga menerima wahyu dan meneruskan ajaran ayahnya yaitu Nabi Ibrahim As. 

Nabi Ishaq As menikah dengan seorang wanita dari Haran (Irak). Dari perkawinannya itu dikaruniai dua orang putra. Yang pertama bernama 'Ish, dan yang kedua bernama Ya'kub. 

Dalam memminpin umat, Nabi Ishaq dikenal sebagai Nabi yang ramah hingga umatnya merasa bersyukur, rukun sejahtera dan diberi kemakmuran yang melimpah ruah oleh Allah SWT. 

Karena sangat cinta kepada anak-anaknya Nabi Ishaq As mendidik mereka dengan ilmu keagamaan (Tauhid) agar nantinya bisa memberikan manfaat dunia dan akhirat.

Point - Point Penting dari Kisah Nabi Ishaq As :
  • Nabi Ishaq As adalah Anak dari Nabi Ibrahim As dari Istri pertamanya yaitu Sarah 
  • Nabi Ishaq mempunyai anak laki-laki, yang salah satunya bernama Ya'kub yang juga menjadi Nabi dan Rasul Allah dan Nabi Yakub As juga memiliki beberapa anak laki-laki dan salah satunya juga menjadi Nabi dan Rasul Allah yaitu Nabi Yusuf As 
  • Putra Nabi Ishaq As yang lainnya bernama "Ish" dan "Ish" memiliki putra yang menjadi Nabi dan Rasul yaitu Nabi Ayub As, seorang Nabi yang kaya raya. 
  • Nabi Ishaq wafat pada usia 180 tahun dan dimakamkan di Jirun yang sekarang dinamakan Madinah

Kisah Nabi dan Rasul yang lainnya :


Sumber : Buku Kisah-kisah 25 Nabi Nabi dan Rasul penulis Ali Nurfadhilah penerbit: PUSTAKA SANDRO JAYA Jakarta.

  
Mohon maaf jika ada kekeliruan penulisan, jika salah mohon diluruskan dan datangnya dari saya jika benar itu datangnya dari Allah SWT.

Demikian serial Kisah Para Nabi yang berjudul  "  Kisah Nabi Ishaq As " semoga dari kisah diatas bisa menjadikan kita lebih tahu dan cinta kepada Para Nabi dan Rasul Allah SWT amieen.

Ade Yogi Pamungkas
New Johny WussUpdated: 11.04.00

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, jika ada yang perlu ditanyakan silahkan tinggalkan komentar di bawah ini

Recent Posts Widget

Artikel Favorit Minggu Ini

CB