Kisah Para Nabi - Nabi Idris As

Posted by Ade Yogi Pamungkas on 10.36.00

Halo sahabat Blog Cerita Rakyat Indonesia, 

Di serial Kisah para Nabi dan Rasul kali ini, Tim CRI akan membawakan cerita yang berjudul " Kisah Nabi Idris AS ". Kisah sejarah singkah dari Nabi Idris As. 

Kisah Nabi Idris As 


Kisah Nabi Idris As
Kisah Nabi Idris As
Nabi Idris As adalah kakek bapak Nabi Nuh As ( diriwayatkan oleh bukhari ). Beliaulah yang mula-mula pandai menulis dengan kalam, membaca dan kepadanya diturunkan oleh Allah SWT 30 Shohifah (kitab) yang berisi petunjuk daripadaNya untuk disampaikan kepada umatnya (ketururan Qobil yang durhaka kepada Allah SWT). 

Beliau pulalah yang mula-mula pandai menunggang kuda, ilmu bintang, berhitung dan pandai memerangi orang durhaka kepada petunjuk Allah SWT. Beliau bernama Idris karena banyak mempelajari kitab-kitab yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Adam As dan Nabi Syits. Beliau pulalah yang mula-mula pandai menggunting pakaian dan menjahit, sedang sebelum itu manusia memakai pakaian kulit binatang.  

Beliau tidak lalai sedikitpun mengingat Allah SWT walaupun sedang sibuk menghadapi persoalan kepentingan sehari-hari. Beliau mempunyai kekuatan yang hebat dan bertabiat gagah berani, sehingga kepadanya diberikan gelar " Asadul-Usud " artinya : Singa dari segala singa, karena Nabi Idris As dengan gagahnya dapat memerangi orang-orang yang durhaka kepada Allah SWT. Allah SWT telah memberikan derajat yang tinggi, sebagaimana firman Allah dalam Al-Qu'ran surat Maryam ayat 56-57, yang artinya : " Dan ceritakanlah (Hai Muhammad) kepada mereka kisah Idris (yang tersebut) di dalam Al-Qur'an, sesungguhnya ia adalah seorang yang sangat membenarkan dan seorang Nabi, dan kami telah mengangkat ke martabat yang lebih tinggi. 

Kisah Nabi dan Rasul yang lainnya :
Sumber : Buku Kisah-kisah 25 Nabi Nabi dan Rasul penulis Ali Nurfadhilah penerbit: PUSTAKA SANDRO JAYA Jakarta.

Mohon maaf jika ada kekeliruan penulisan, jika salah mohon diluruskan dan datangnya dari saya jika benar itu datangnya dari Allah SWT.
Demikian serial Kisah Para Nabi yang berjudul  " Kisah Nabi Idris As" semoga dari kisah diatas bisa menjadikan kita lebih tahu dan cinta kepada Para Nabi dan Rasul Allah SWT amieen.


Ade Yogi Pamungkas
New Johny WussUpdated: 10.36.00

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, jika ada yang perlu ditanyakan silahkan tinggalkan komentar di bawah ini

Recent Posts Widget

Artikel Favorit Minggu Ini

CB