Kisah Para Nabi - Kisah Nabi Nuh As

Posted by Ade Yogi Pamungkas on 11.17.00

Halo sahabat Blog Cerita Rakyat Indonesia, 

Di serial Kisah para Nabi dan Rasul kali ini, Tim CRI akan membawakan cerita yang berjudul " Kisah Para Nabi - Kisah Nabi Nuh As ". Kisah sejarah singkat dari Nabi Nuh As.

Kisah Para Nabi - Kisah Nabi Nuh As


Kisah Nabi Nuh As
Kisah Nabi Nuh As
Nabi Nuh As menerima wahyu kenabian dalam masa kekosongan diantara dua rasul. Dalam masa kekosongan itu biasanya manusia secara berangsur-angsur melupakan ajaran agama Allah SWT dan kembali menjadi syirik, meninggalkan kebajikan, melakukan kemungkaran dan kemaksiatan di bawah ajaran Iblis. 

Umat Nabi Nuh As banyak yang ingkar, jika Nabi Nuh As mengajak beribadah kepada Allah SWT dan menegakkan Tauhid, umatnya selalu menentang dan mengejek. Kecerdasan dan kefasihan Nabi Nuh As mengalahkan segala hujatan dari ornag-orang kafir. Akhirnya orang-orang kafir itu jengkel dan menentang Nabi Nuh As. 

Karena dakwah yang disampaikan menemui jalan buntu dan pengikutnya tidak bertambah, maka Nabi Nuh As mengadukan kaumnya kepada Allah SWT. Allah SWT mengabulkan do'a Nabi Nuh As Allah memberikan petunjuk agar Nabi Nuh As membuat perahu yang sangat besar. Dengan perahu itu Nabi Nuh As dan kaumnya akan selamat, sedangkan kaumnya yang ingkar akan ditenggelamkan dengan banjir yang sangat besar, sehingga tak seorangpun dari mereka akan selamat, semua binasa. 

Selagi Nabi Nuh As dan para pengikutnya sedang membuat kapal diatas bukit, kaumnya yang ingkar mengolok-olok dan mengejek. "Lihat ! Nuh semakin gila saja, masak kemarau panas begini membuat perahu, diatas bukit lagi. Sungguh dia sudah miring otaknya." 

Sesuai dengan wahyu Allah SWT, Nabi Nuh As mengajak kaumnya memasuki kapal yang telah selesai dibuat, ia juga membawa berbagai macam pasang binatang. 

Tidak berapa lama setelah Nabi Nuh As dan para pengikutnya memasuki kapal, maka langit yang tadinya cerah berubah menjadi hitam. Mendung tampak tebal sekali diiringi angin kencang yang mulai berhembusan, bersamaan dengan turunnya hujan lebat, air dari dalam bumi memancar pula ke permukaan bumi. 

Hujan turun dengan lebatnya. Belum pernah hujan turun selebat itu, bagaikan dicurahkan dari langit. Rumah-rumah mulai terendam air, angin kencang dan badai menambah kepanikan semua orang. 

Dari kejauhan Nabi Nuh As melihat salah seorang dari putranya yaitu Kan'an sedang berlari-lari menuju puncak gunung. Nabi Nuh As memanggil anak itu, "Hai Anakku, kemarilah ! Naiklah ke kapalku maka kau akan selamat !." 

Tapi Kan'an dengan sombongnya terus berlari, ia tak menghiraukan panggilan ayahnya, ia mengira banjir itu hanya banjir biasa yang segera reda, maka ia terus berlari ke puncak gunung. Memang Kan'an tidak mau mengikuti ajaran Nabi Nuh As. Ia lebih suka hidup bersama-sama orang-orang kafir, karena itu ia tak mau naik ke kapal Nabi Nuh As. 

Nabi Nuh As meresa terenyuh, bagaimanapun Kan'an adalah putranya sendiri. Maka ia berdo'a kepada Allah agar Kan'an diselamatkan. Namun Allah SWT menolak permintaan Nabi Nuh As. Sebab Kan'an adalah anak yang durhaka dan tidak mau beriman. 

Berdasarkan suatu riwayat, kapal yang membawa Nabi Nuh As dan para pengikutnya itu berlayar 40 hari. Sesudah banjir mereda. Nabi Nuh As diperintahkan oleh Allah SWT untuk turun dari kapalnya. Dengan demikian binasalah orang-orang kafir yang menentang Nabi Nuh As. Hanya para pengikut Nabi Nuh As yang hidup dan menepati bumi sebagai penghuninya. 

Kisah Nabi dan Rasul yang lainnya :
Sumber : Buku Kisah-kisah 25 Nabi Nabi dan Rasul penulis Ali Nurfadhilah penerbit: PUSTAKA SANDRO JAYA Jakarta.
  
Mohon maaf jika ada kekeliruan penulisan, jika salah mohon diluruskan dan datangnya dari saya jika benar itu datangnya dari Allah SWT.

Demikian serial Kisah Para Nabi yang berjudul  " Kisah Nabi Nuh As" semoga dari kisah diatas bisa menjadikan kita lebih tahu dan cinta kepada Para Nabi dan Rasul Allah SWT amieen.

Ade Yogi Pamungkas
New Johny WussUpdated: 11.17.00

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, jika ada yang perlu ditanyakan silahkan tinggalkan komentar di bawah ini

Recent Posts Widget

Artikel Favorit Minggu Ini

CB