Kisah Para Nabi - Kisah Nabi Ibrahim As

Posted by Ade Yogi Pamungkas on 16.18.00

Halo sahabat Blog Cerita Rakyat Indonesia, 

Di serial Kisah para Nabi dan Rasul kali ini, Tim CRI akan membawakan cerita yang berjudul " Kisah Nabi Ibrahim As ". Kisah sejarah singkat dari Nabi Ibrahim As.

Kisah Nabi Ibrahim As 


Kisah Nabi Ibrahim As
Kisah Nabi Ibrahim As
Nabi Ibrahim As dilahirkan di sebuah tempat bernama Faddam A'ram yang termasuk wilayah kerajaan Babilon. Kerajaan Babilon pada waktu itu diperintah oleh seorang raja yang bengis dan mempunyai kekuasaan absolut yaitu Raja Namrud. 

Sebelum Nabi Ibrahim As lahir, Raja Namrud pernah bermimpi melihat seorang anak laki-laki melompat masuk ke dalam kamarnya kemudian anak itu merampas mahkota dan menghancurkannya. 

Esok harinya ia memanggil peramal untuk menafsirkan arti mimpinya itu. Menurut peramal itu, anak laki-laki dalam mimpi sang raja itu kelak akan meruntuhkan kekuasaan sang raja. Tentu saja raja sangat murka. I memerintahkan kepada para prajuritnya untuk membunuh setiap bayi laki-laki yang baru lahir. 

Ketika Nabi Ibrahim As dilahirkan, kedua orang tuanya bersembunyi di dalam goa. Sejak masih bayi hingga menginjak dewasa ia dibesarkan di dalam goa. Dia tidak pernah melihat dunia luar. 

Sejak kecil Nabi Ibrahim As sudah mendapat petunjuk dari Allah SWT. Beliau merasa heran melihat orang-orang yang menyembah berhala, padahal patung-patung itu tak bisa berbicara, tak bisa melihat, tak bisa mendengar, dan juga tak bisa memberikan pertolongan. Mengapa mereka menyembah benda mati? demikian pertanyaan yang timbul dalam benak Nabi Ibrahim As. Ayah Nabi Ibrahim As adalah pembuat patung berhala. 

Nabi Ibrahim As memperingatkan ayahnya bahwa apa yang dibuat dan disembahnya itu tidak memberi    manfaat kepadanya, tetapi Allah lah yang memberikan manfaat kepadanya juga kepada seluruh alam ini. Nabi Ibrahim juga meminta kepada ayahnya agar menyembah hanya kepada Allah SWT, namun ayahnya menolak dan bahkan mengusir Nabi Ibrahim As. Setelah Allah SWT menerangkan bahwa ayahnya adalah musuh Allah, maka Nabi Ibrahim As pun meninggalkan ayahnya. 

Nabi Ibrahim As adalah seorang yang cerdas dan ahli logika serta ahli strategi yang ulung. Suatu ketika Nabi Ibrahim As menghancurkan berhala-berhala yang kecil dan sedang dengan menggunakan kapak. Lalu kapak itu diletakkan di leher sebuah berhala yang besar. 

Raja Namrud kemudian menjadi marahdan menuduh Nabi Ibrahim As sebagai pelakunya. Namun Nabi Ibrahim As mengelaknya dan menyuruh Raja Namrud bertanya kepada berhala besar yang dilehernya terdapat sebuah kapak. 

Raja Namrud menjadi marah atas ucapan Nabi Ibrahim As, "Hai Ibrahim, kau hendak membodohi kami ya? Masa kau menyuruh saya bertanya kepada patung. Kau jangan mengada-ngada." 

"Hai Raja Namrud ! Siapa yang sebenarnya bodoh. Mengapa patung yang tak dapat bicara dan tak dapat melindungi dirinya itu kalian sembah dan dipuja-puja?!" 

Raja Namrud dan pengikutnya terdiam mendengar jawaban Nabi Ibrahim As itu. Mereka tak dapat membantahnya. Dan langsung Raja Namrud memerintahkan menangkap Nabi Ibrahim As di tangkap dan diikat. "Apa hukuman yang pantas dijatuhkan untuknya?" tanya Raja Namrud kepada para penasehatnya. "Bakar ! Bakar saja dia sampai mati !" jawaban para penasehat kerajaan. 

Kemudian kayu-kayu segera dikumpulkan. Nabi Ibrahim As diletakkan diatasnya dalam keadaan terikat kemudian dibakar hingga kayu yang bertumpuk-tumpuk itu habis. 

Raja Namrud dan rakyatnya mengira Nabi Ibrahim As akan hangus menjadi abu. Namun setelah api itu padam Nabi Ibrahim As masih segar dan bugar. Itulah mu'jizat Nabi Ibrahim As. Tak mempan dibakar api. 

Sesudah Nabi Ibrahim dibakar tidak mati, sebenarnya banyak rakyat yang mau mengikuti ajarannya. Tapi karena takut pada ancaman Raja Namrud, maka mereka masih banyak yang kafir. Nabi Ibrahim pun meneruskan dakwahnya untuk mengajak manusia supaya hanya menyembah Allah SWT saja. 

Kisah Nabi dan Rasul yang lainnya :

Sumber : Buku Kisah-kisah 25 Nabi Nabi dan Rasul penulis Ali Nurfadhilah penerbit: PUSTAKA SANDRO JAYA Jakarta.
  
Mohon maaf jika ada kekeliruan penulisan, jika salah mohon diluruskan dan datangnya dari saya jika benar itu datangnya dari Allah SWT.
Demikian serial Kisah Para Nabi yang berjudul  "  Kisah Nabi Ibrahim As " semoga dari kisah diatas bisa menjadikan kita lebih tahu dan cinta kepada Para Nabi dan Rasul Allah SWT amieen.

Ade Yogi Pamungkas
New Johny WussUpdated: 16.18.00

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, jika ada yang perlu ditanyakan silahkan tinggalkan komentar di bawah ini

Recent Posts Widget

Artikel Favorit Minggu Ini

CB