Kisah Para Nabi - Nabi Shaleh As

Posted by Ade Yogi Pamungkas on 15.32.00

Halo sahabat Blog Cerita Rakyat Indonesia, 

Di serial Kisah para Nabi dan Rasul kali ini, Tim CRI akan membawakan cerita yang berjudul " Kisah Nabi Shaleh As ". Kisah sejarah singkat dari Nabi Shaleh As.

Kisah Nabi Shaleh As 


Kisah Nabi Shalih As
Kisah Nabi Shaleh As
Nabi Shaleh As diutus ke tengah-tengah Kaum Tsamud yang hidup dibekas reruntuhan Kaum Aad. Seperti kaum Aad, bangsa Tsamud juga menyembah berhala. Mereka juga mengerjakan kemaksiatan dan kedurhakaan. Berkata Nabi Shaleh kepada kaumnya: 

" Hai kaumku, sembahlah Allah SWT. Tidak ada tuhan selain Allah SWT. Janganlah kamu menyekutukan-Nya dengan sesembahan yang lain." 

Pada suatu hari kaum Tsamud menemui Nabi Shaleh As, " Hai Shaleh, kalau engkau memang benar seorang Nabi, maka datangkanlah suatu keajaiban. Tetapi jika engkau tidak bisa mengeluarkan mu'jizat, berarti kau seorang pembohong." 

Allah SWT mengabulkan do'a Nabi Shaleh As. Pada suatu hari Nabi Shaleh mengajak kaumnya untuk pergi ke kaki gunung. Orang -orang kafir itu mengikuti Nabi Shaleh As. Betapa terkejutnya orang-orang kafir itu. Tampaklah keluar seekor onta betina yang bagus rupanya. Onta itu besar dan gemuk. Onta itu penuh dengan susu. 

Nabi Shaleh As berpesan kepada kaumnya, "Inilah Onta Mu'jizat dari Allah SWT. Onta ini boleh kalian peras susunya setiap hari, air susunya tak akan habis-habis. Jika hari ini onta ini minum maka tak seorangpun dari kalian boleh mengambil air sumur. Sebaliknya besok para penduduk boleh mengambil air minum dan si onta tak akan minum air sumur sedikitpun jua." 

Mereka tetap berusaha mematahkan dakwah yang dilancarkan oleh Nabi Shaleh As. Orang -orang kafir itu kemudian mengadakan suatu Sayembara untuk membunuh Onta Nabi Shaleh As. Ada dua pemuda yang mengikuti sayembara itu lalu mereka berhasil membunuh onta Nabi Shaleh As dan mendapatkan hadiah berupa perempuan cantik. 

Setelah onta itu mati orang-orang kafir merasa lega. Mereka dengan beraninya menantang Nabi Shaleh As, "Hai Shaleh, onta yang kau banggakan itu sekarang sudah kami bunuh. Kenapa tidak ada balasan siksa bagi kami. Kalau kau memang utusan Allah SWT. Dan tentunya kau dapat mendatangkan siksa yang kau ancamkan itu kepada kami." 

Nabi Shaleh berkata : " Kalian telah benar-benar berbuat dosa. Sekarang kalian boleh bersenang-senang selama tiga hari. Setelah itu akan datang ancaman yang dijanjikan Allah SWT kepadamu." 

Sebenarnya waktu tiga hari itu adalah kesempatan bagi bangsa Tsamud untuk bertaubat. Tetapi mereka malah mengejek bahkan ingin membunuh Nabi Shaleh. Namun Allah SWT selalu melindungi Nabi Shaleh As. 

Dan hari yang dijanjikan itu tiba. Bangsa Tsamud disambar petir yang meledak dan menggelegar membelah angkasa. Tidak ada seorangpun dari kaum yang ingkar itu selamat, mereka semua musnah kecuali Nabi Shaleh As dan para pengikutnya yang selamat dari malapetaka itu. 

Kisah Nabi dan Rasul yang lainnya :

Sumber : Buku Kisah-kisah 25 Nabi Nabi dan Rasul penulis Ali Nurfadhilah penerbit: PUSTAKA SANDRO JAYA Jakarta.
  
Mohon maaf jika ada kekeliruan penulisan, jika salah mohon diluruskan dan datangnya dari saya jika benar itu datangnya dari Allah SWT.

Demikian serial Kisah Para Nabi yang berjudul  "  Kisah Nabi Shaleh As " semoga dari kisah diatas bisa menjadikan kita lebih tahu dan cinta kepada Para Nabi dan Rasul Allah SWT amieen.




Ade Yogi Pamungkas
New Johny WussUpdated: 15.32.00

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, jika ada yang perlu ditanyakan silahkan tinggalkan komentar di bawah ini

Recent Posts Widget

Artikel Favorit Minggu Ini

CB