Kisah Para Nabi - Kisah Nabi Yunus As

Posted by Ade Yogi Pamungkas on 11.32.00

Halo sahabat Blog Cerita Rakyat Indonesia, 

Di serial Kisah para Nabi dan Rasul kali ini, Tim CRI akan membawakan cerita yang berjudul " Kisah Nabi Yunus AS ". Kisah sejarah singkat dari Nabi Yunus AS. 

Kisah Nabi Yunus AS 


Kisah Nabi Yunus As
Kisah Nabi Yunus As
Nabi Yunus bin Mata termasuk orang yang shalih, sebelum diangkat menjadi Rasul pun beliau memang seorang yang ahli ibadah yang tekun. Beliau termasuk orang yang lurus hatinya, namun ada ada kelemahannya yaitu mudah putus harapan. Nabi Yunus As telah mengajak kaumnya Menyembah Allah SWT dan meninggalkan penyembahan terhadap berhala, meninggalkan kemaksiatan dan kedurhakaan. Namun diantara sekalian banyak kaumnya itu hanya dua orang yang mau mengikutinya.   

Nabi Yunus As memberikan peringatan kepada kaumnya, bahwa jika dalam tempo 30 hari mereka tidak mau insyaf, tidak mau bertobat kepada Allah, maka Allah akan menurunkan siksa. Tetapi mereka tidak memperdulikannya, mereka malah menantang menunggu datangnya siksa itu. 

Karena putus asa, akhirnya Nabi Yunus As pergi meninggalkan kaumnya. Sebenarnya Allah memberikan tenggang waktu sampai dengan 40 hari. Dan setelah hari itu tiba muncullan awan gelap dipagi hari, bertambah siang mereka melihat cahaya merah seperti api hendak turun dari langit. 

Mereka ketakutan, berbondong-bondong mencari Nabi Yunus As tetapi tidak ketemu. Disusul bumi bergetar merobohkan rumah-rumah penduduk, mereka panik berlarian menyelamatkan diri sambil berseru: " Allahu Akbar!". 

Nabi Yunus tak tahu harus pergi kemana. Tiba di tepi laut ia menumpang sebuah kapal. Dalam kapal itu sebenarnya penumpangnya sudah penuh, ketika tiba di tengah laut kapal itu oleng dihantam ombak. 

Nahkoda kapal memutuskan untuk mengurangi beban pada kapal dan diadakanlah undian. Tak dapat ditolak lagi, undian tiga kali selalu nama Nabi Yunus As yang keluar, maka Nabi Yunus As dilempar ke tengah laut. Secepat itu pula muncul ikan paus menyergap dan menelannya. Di dalam perut ikan paus itulah Nabi Yunus As sadar akan kesalahannya, karena ia telah meninggalkan kaumnya. 

Nabi Yunus As berdoa kepada Allah SWT dan bertobat kepadanya. Atas kesungguhannya berdoa dan karena Rahmat Allah SWT, maka Nabi Yunus dikeluarkan dari perut ikan paus. Nabi Yunus As tiba di tepi pantai dalam keadaan sakit dan lemah. 

Setelah Allah SWT mengembalikan tenaga dan kesehatannya maka beliau segera kembali kepada kaumnya, dan Nabi Yunus As disambut dengan gembira oleh mereka umat yang telah kembali ke jalan Allah SWT. 

Kisah Nabi dan Rasul yang lainnya :
Sumber : Buku Kisah-kisah 25 Nabi Nabi dan Rasul penulis Ali Nurfadhilah penerbit: PUSTAKA SANDRO JAYA Jakarta.

Mohon maaf jika ada kekeliruan penulisan, jika salah mohon diluruskan dan datangnya dari saya jika benar itu datangnya dari Allah SWT.

Demikian serial Kisah Para Nabi yang berjudul  " Kisah Nabi Yunus As" semoga dari kisah diatas bisa menjadikan kita lebih tahu dan cinta kepada Para Nabi dan Rasul Allah SWT amieen.

Ade Yogi Pamungkas
New Johny WussUpdated: 11.32.00

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, jika ada yang perlu ditanyakan silahkan tinggalkan komentar di bawah ini

Recent Posts Widget

Artikel Favorit Minggu Ini

CB